OUR NETWORK
Rabu, Oktober 16, 2019
OUR NETWORK

Mengenal Apa Itu Chuseok, Hari Mudiknya Orang-Orang Korea

Hari raya Chuseok (추석) atau bisa juga ditulis “Chusok” yang bisa diartikan sebagai hari bulan purnama adalah hari libur nasional di Korea selama 3 hari untuk memperingati musim panen yang jatuh pada hari ke-15 bulan 8 kalender lunar/imlek. Kalau chingu perhatikan, di bbulan-bulan itu tuh biasanya Idol atau selebriti kesayangan kita akan mengenakan Hanbok dan mengucapkan selamat hari libur.

Hari raya Chuseok ini dilakukan untuk mensyukuri keberhasilan hasil panen yang melimpah sehingga biasa juga disebut hari festival bulan panen di Korea. Biasanya, di hari libur ini, semua orang Korea mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga dan juga berziarah ke makam leluhur mereka, pokoknya gak jauh beda deh dengan mudik di Indonesia.

Sedikit sejarah tentang Chuseok, hari raya ini sudah ada dari sejak jaman kerajaan Silla (57 SM – 935). Dulu Chuseok juga dikenal sebagai Hangawi (“Han” = “raya”, “Gawi” = “tengah”) atau hari besar di tengah-tengah musim gugur. Biasanya Hangawi dirayakan dengan mengadakan lomba tenun menenun, dan pemenang akan dipersembahkan makanan hasil panen yang melimpah. Tradisi ziarah juga dilaksanakan secara khidmat, namun bedanya kalau dulu cuma lelaki yang boleh pergi ke makan, sedangkan para perempuan tinggal di rumah dan memasak makanan.

Makna dari Chuseok sendiri bagi orang Korea selain berterimakasih dan bersyukur kepada leluhur adalah momen untuk berbagi dengan mereka yang kurang beruntung. Hasil panen baik dari musim semi dan musim panas mereka, akan dibagi kepada sanak saudara, teman, dan tetangga yang mungkin sedang dilanda musibah. Secara keseluruhan, Chuseok memiliki makna cinta pada keluarga, rasa terima kasih, dan berbagi rejeki kepada nenek moyang dan Tuhan yang maha kuasa.

Comments

Loading...