OUR NETWORK
Minggu, Desember 8, 2019
OUR NETWORK

Running Man Rilis Permintaan Maaf Resmi Setelah Tudingan Plagiarisme

Program acara variety show ternama, Running Man dituding melakukan plagiat dari webtoon “Money Game” (literal translation). Pada episode terbaru variety show yang tayang di SBS ini ditemukan beberapa kesamaan konsep sampai penyampaian dengan webtoon terkenal tersebut.

Pada episode Running Man yang tayang pada 28 April, para member dibagi dalam group dan diberikan sejumlah uang. Kemudian mereka dimasukan ke dalam studio dengan ruangan sendiri-sendiri. Selama 9 jam, mereka pun akan menghabiskan uang yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Nantinya, sisa uang akan dibagikan secara merata untuk para member di dalam group masing-masing.

Konsep dari episode tersebut rupanya sangat mirip dengan webtoon “Money Game.” Cerita di webtoon ternama ini, para karakternya diberikan sejumlah uang dan harus tinggal di dalam studio selama 100 hari. Mereka menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Nantinya, sisa uang akan dibagikan kepada semua partisipan.

“Konsep dan cara ceritanya diungkapkan sangat mirip sehingga saya terkejut. Saya belum diberitahu oleh SBS sama sekali. Untuk webtoon ini, saya menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghasilkan konsep dan cerita yang tidak pernah terpikirkan oleh siapa pun, dan saya kesal karena itu digunakan dalam variety show populer tanpa izin saya,” ungkap Bae Jin Soo, penulis webtoon “Money Game.”

Menyadari tudingan plagiarisme, produser Running Man pun merilis pernyataan resmi:

Terungkap bahwa race pada paruh pertama “The Return of Yoo-mes Bond – The Man of 100 Million Won” dari siaran 28 April SBS “Running Man” serupa dalam struktur dengan “Money Game” Naver Webtoon. ”Running Man” SBS merujuk pada “Money Game” penulis Bae Jin Soo dan memodifikasi [ide]. Produser adalah penggemar “Money Game,” dan kami pikir konsep webtoon cocok untuk “Running Man,” jadi kami merujuk ke webtoon ketika membangun balapan. Kami sangat meminta maaf karena tidak meminta izin kepada Naver Webtoon dan penulis Bae Jin Soo sebelumnya.

Sumber dari dalam staf produksi Running Man juga menambahkan, “Produser mengatakan mereka akan memanggil kedua belah pihak dan menyampaikan permintaan maaf mereka. Namun, masih diperlukan diskusi mengenai masalah-masalah tambahan seperti masalah hukum. Kami sedang berdiskusi dengan mereka sehingga bisa diselesaikan secara damai.”

Comments

Loading...