Senin, Agustus 8, 2022

Latest Posts

Yuk Cari Tahu! Ini Sejarah Singkat Tentang Acara Musik Kpop di Korea Selatan

Acara musik Kpop telah ada sejak beberapa dekade lalu, dan ada banyak sejarah di balik bagaimana acara-acara tersebut akhirnya bisa seperti sekarang ini.

Acara musik pertama Korea, ‘Music Bank, Top 10 Songs,’ mulai ditayangkan pada tahun 1981 dan sangat sukses. Acara tersebut berakhir pada tahun 1998 dan kemudian diubah menjadi ‘Music Bank’ yang tayang hingga saat ini. Sementara itu, MTV masuk ke Korea Selatan pada 1990-an, dan pada saat yang sama grup-grup Kpop generasi pertama membuat debut mereka.

Visualisasi baru musik Kpop ini membantu popularitasnya terus berkembang, dan acara-acara baru seperti ‘Show Network’ (1989-1990) dan ‘Everyone’s Popular Songs’ (1990-1993) menjadi hit besar.

Acara berubah sebentar saat ‘Everyone’s Popular Songs’ digantikan oleh ‘Choice! Most Popular Songs’ dan ‘Live TV Gayo 20’ sebelum dihidupkan kembali sebagai ‘Inkigayo’ pada tahun 1998. Pada saat itu juga ‘Show! Music Tank’ dan’ Pops in Seoul’ ditayangkan pertama kali.

Awal abad ke-21 ada beberapa acara yang muncul hanya sementara seperti ‘K-Pop Con’ dan ‘Music on Top.’ Namun ada juga acara yang masih berjalan seperti ‘Show Champion,’ ‘Show! Music Core,’ dan ‘M Countdown’.

Saat Kpop terus menjadi fenomena di seluruh dunia, acara berbahasa Inggris ‘Simply K-Pop’ mulai ditayangkan pada tahun 2011. Di tahun yang sama, SBS MTV ‘THE SHOW’ juga mulai ditayangkan. Sejak 2019, ‘THE SHOW’ disiarkan langsung di 18 negara melalui MTV Asia dan Fortune TV di Myanmar.

Acara musik Kpop semakin popular seiring waktu dan diakui secara internasional, tapi aspek seperti format program dan kalkulasi lagu teratas tetap sangat mirip sejak 1990-an.

Acara music Kpop apa yang paling sering kamu tonton?

Sumber: (1)

Latest Posts

Don't Miss