OUR NETWORK
Jumat, April 19, 2019
OUR NETWORK

3 Jenis Hanbok yang Ada di Korea

Seperti yang kita tahu, hanbok adalalah pakaian tradisional asal Korea. Untuk wanita, hanbok terdiri dari jeogori (jaket, biasanya dipotong di bawah garis dada), dan chima (rok panjang yang mengikat payudara dan megar). Untuk pria, hanbok juga terdiri dari jeogori, yang lebih panjang dari milik wanita, dipasangkan dengan celana megar yang disebut baji. Baik pria dan wanita dapat mengenakan hanbok dengan pakaian seperti rompi atau mantel, dan juga bisa dipadukan dengan berbagai tutup kepala dan aksesoris. Mungkin tanpa kamu sadari saat melihatnya di TV maupun foto, hanbok ternyata memiliki 3 jenis berbeda. Berikut ini lah jenis-jenis hanbok tersebut!

Hanbok Tradisional Modern

Saat membayangkan hanbok, yang ada dalam pikiranmu mungkin baju sutra berwarna cerah dan longgar, dengan aksen seperti lengan bergaris pelangi atau pola bunga yang dicap dengan daun emas. Yup, itulah jenis hanbok yang banyak dimiliki orang Korea saat ini yaitu hanbok tradisional modern.  Seperti yang dipakai oleh idol-idol Kpop di bawah ini misalnya ~

Perhatikan hiasan-hiasan norigae yang digantung di rok. Mereka dipakai nggak hanya sebagai aksesoris fesyen, tapi juga sebagai simbol keberuntungan.

Para idol cowok seperti SHINee ini mengenakan hanbok yang memiliki 3 bagian termasuk rompi yang disebut baeja.

Hanbok Modern Fusion

Beberapa desainer hanbok modern telah memperbarui baju tradisional ini agar sesuai dengan standar mode saat ini. Seringkali, upaya ini dilakukan dengan menghapus jeogori dan mengubah hanbok menjadi gaun tanpa lengan yang seksi. Selain itu, jeogori juga dimodifikasi untuk menyerupai jaket gaya Barat, dan chima dipangkas dan berubah menjadi rok pendek yang lucu. Dalam beberapa model, satu-satunya kemiripan hanbok fusion dengan yang tradisional adalah penggunaan sutra yang dicetak dengan pola tradisional.

Baca juga: Kerennya Style Hanbok Versi Modern Ini, Yuk Cobain!

Hanbok zaman dulu

Hanbok yang ada di dalam drama sageuk mungkin memang ada banyak variasinya, tapi semuanya termasuk dalam jenis hanbok tradisional. Meskipun potongan dasar hanbok tetap sama sepanjang ratusan tahun, variasinya telah berubah cukup drastis. Setiap era nggak hanya ditandai oleh tren yang berbeda, tapi juga berbagai warna, pola, kain, dan ornamen yang dikenakan tergantung pada peringkat sosial, pekerjaan, usia, dan banyak lagi.

Terlepas dari semua variasi tersebut, yang nggak akan terlihat di drama sageuk adalah hanbok berwarna neon dan pastel multi-warna seperti yang mendominasi saat ini, dulu kombinasi warnanya cenderung lebih terkendali.

Ha Ji Won memainkan penghibur istana terkenal Hwang Jin Yi. Sebagai gisaeng, hanbok Ha Ji Won berwarna cerah dan berornamen, dengan wig tebal untuk menarik lebih banyak perhatian.

Panel naga emas yang rumit adalah tanda keluarga kerajaan. Biasanya, kaisar mengenakan jubah merah.

Nah dari ketiga jenis hanbok di atas, mana yang pengen kamu coba pakai?

Baca juga: 10 Fakta Hanbok Yang Harus Kamu Tahu!

Comments

Loading...