OUR NETWORK
Rabu, Juli 17, 2019
OUR NETWORK

7 Hari Libur Panjang Tahunan di Korea Selatan

libur tahunan di Korea

Sama halnya kayak di Indonesia, di Korea juga ada hari libur untuk merayakan hari-hari tertentu. Dalam setahun, ada tujuh momen “tanggal merah” buat orang Korea. Wah, apa aja ya itu? Ini dia hari libur tahunan di Korea.

Seollal (Tahun Baru Imlek)

SeollalGampangnya, perayaan Seollal ini adalah Tahun Baru Imlek, chingu. Liburnya pun cukup panjang, yaitu selama 3 hari. Cukup lama, bukan? Di momen ini, banyak orang yang pulang kampung untuk merayakannya bersama keluarga.

Peringatan Gerakan Samil (1 Maret)

Peringatan Gerakan SamilKenapa dinamakan Gerakan Samil? Sam-il adalah 3-1, yang artinya Maret tanggal 1. Pada 1 Maret 1919 silam, orang-orang Korea melakukan demo secara damai untuk menuntut kemerdekaan saat dijajah oleh Jepang. Sayangnya, kurang lebih sebanyak 7000 orang terbunuh oleh polisi dan tentara Jepang. Untuk memperingati gerakan ini, warga Korea diliburkan dari aktivitas pada 1 Maret tiap tahunnya.

Hari Anak (5 Mei)

Hari AnakNggak cuma hari untuk ibu dan ayah, perayaan untuk Hari Anak juga dikhususkan lho di Korea sejak 1975. Di hari ini, anak-anak pada diajakin main ke taman bermain, kebun binatang, dan ke mana pun untuk menyenangkan hati mereka. Enaknya ya~

Hari Kelahiran Buddha (Mei)

Hari Kelahiran BuddhaKarena Buddha adalah salah satu agama mayoritas di Korea, maka pada hari kelahiran Budha ini pun warga negeri ginseng menjadikannya sebagai libur tahunan di Korea. Biasanya jatuh pada awal atau pertengahan Mei. Kalau di Seoul udah banyak Lotus Lantern Festival, mendekati hari libur nih!

Hari Kemerdekaan Korea

Hari Kemerdekaan Korea15 Agustus 1945 adalah hari bersejarah untuk Korea karena sudah resmi lepas dari jajahan Jepang.

Chuseok (September atau Oktober)

ChuseokMenurut Kalender Lunar, Chuseok biasanya jatuh sekitar September atau Oktober dan biasanya liburnya sekitar 3 harian. Perayaan ini adalah untuk mensyukuri hasil panen yang didapat tiap tahunnya sekaligus untuk menyambut bulan purnama. Ritual ini sudah ada sejak sebelum masehi. Nggak heran kalau momen Chuseok ini dimanfaatkan orang Korea untuk mudik ke kampung halaman masing-masing dan menikmati santapan yang enak.

Hangul Day (9 Oktober dan 15 Januari)

Hangul DayNggak usah ditanya lagi, Hangul adalah komponen penting yang melekat erat sama bangsa Korea. Setelah disamain sama aksara Jepang dan Mandarin, Korea akhirnya punya aksara sendiri, Hangul! Peringatan ini dirayakan pada 9 Oktober untuk Korea Selatan, dan 15 Januari untuk Korea Utara. Biasanya, di hari ini para karyawan dapet jatah libur juga.

Sebenarnya, masih ada beberapa hari libur tahunan di Korea seperti Tahun Baru, Hari Pahlawan, Hari Konstitusi, Hari Kelahiran Bangsa, dan Hari Natal. Tapi, 7 hari besar di atas lah yang masih jarang diketahui orang.

Comments