OUR NETWORK
Selasa, Oktober 20, 2020
OUR NETWORK

Produser Musik Ini Ungkapkan Info-info Menarik Tentang SM Entertainment

sistem di SM Entertainment

Kamu SM-Stan dan penasaran gimana sistem di SM Entertainment saat melakukan pemilihan lagu sampai grup yang didebutkan? Berikut ini penuturan dari seorang produser musik yang bekerja di sana!

Q: Apakah Lee Soo Man yang memberikan keputusan akhir untuk menentukan setiap lagu yang akan dirilis dan siapa artis yang membawakannya?

A: SM rata-rata menerima 100 lagu setiap minggunya dari para penulis lagu. Para produser dan tim kemudian memberi nilai pada setiap demo lagu tersebut. Setelah menentukan konsep dan tipe lagu yang akan dirlis untuk proyek mendatang, Lee Soo Man kemudian akan memilih lagu-lagunya. Banyak hal yang harus didiskusikan antara para produser dengan Lee Soo Man seperti lirik dan instrumen, sampai hal-hal terkecil seperti suara mengambil nafas dan hembusan nafas dari sang penyanyi sekalipun.

sistem di SM EntertaonmentQ: Apakah ada sistem tertentu bagaimana sebuah grup dibentuk? Bagaimana cara para member digabungkan?

A: Idol yang dipilih untuk suatu grup merupakan member yang memiliki perbedaan satu sama lain. Misalnya, satu sebagai visual, satu sebagai MC, satu sebagai dancer, dan satu lagi untuk vokalis. Jumlah ganjil adalah yang terbaik untuk sebuah grup. Agensi juga ikut mengatur apakah idol akan berdiri atau duduk saat wawancara, dan formasi mereka untuk koreografi. Ukuruan wajah mereka juga menjadi faktor penting yang harus diperhitungkan oleh kami.

Q: Apa latar belakang dan profil calon idol yang disukai SM?

A: Sampai sekarang, kami memilih idol berdasarkan latar belakangnya yang sangat humble atau mengalami kesulitan finansial, serta berlatar belakang middle-class. Tapi untuk memilih idol sistem di SM Entertainment tidak seluruhnya berdasarkan latar belakang atau profil, semua orang memiliki kesempatan yang sama. Masa trainee berubah antara dulu dan sekarang, kalau dulu hanya butuh waktu 1-2 tahun, sekarang membutuhkan waktu 4-5 tahun.

sistem di SM EntertainmentQ: Apa yang akan terjadi saat trainee gagal debut?

A: Ada banyak sekali trainee dalam SM, tapi dalam setahun, SM hanya akan mendebutkan 2 grup. Saat beberapa trainee gagal untuk debut, sebenarnya itu menyulitkan mereka sekaligus agensi. Kami sebisa mungkin melarang mereka untuk keluar dari agensi karena kami telah berinvestasi pada mereka.

Q: Apa hal yang membuatmu bersimpati saat menyaksikan trainee-trainee tersebut?

A: Sangat sulit melihat mereka berusaha untuk hidup normal, karena mereka selalu dikelilingi oleh orang-orang manipulatif di industri hiburan ini. Kepolosan dan kurangnya pengalaman, membuat mereka jadi udah dimanipulasi dan dimanfaatkan pihak lain.

sistem di SM EntertainmentNah itu dia guys bocoran dari seorang produser yang menceritakan bagaimana sistem di SM Entertainment. Sangat menambah pengetahuan ya.

Baca juga: Ternyata Ini Nih yang Bikin Orang Suka sama Lagu-Lagu BTS

Comments

Loading...