Di jaman digital kayak sekarang, untuk menikmati lagu dari musisi kesayangan biasanya kita cuma perlu beli secara online atau download aja. Tapi buat Kpopers, beli album fisik itu juga perlu lo! Mau tahu alasannya?

Baca juga: Unboxing Album Twice TT dan Tips Membeli Album Kpop

Agensi-agensi yang menangani para musisi Kpop sejauh ini telah berupaya keras agar penjualan album fisik tetap laku keras dan nggak kalah dengan penjualan secara digital. Cara yang mereka pakai adalah memberikan beberapa hal spesial yang bikin mupeng para fans dan nggak bakal mereka dapat kecuali dengan membeli album tersebut. Biasanya sih hal-hal yang terdapat pada album Kpop yaitu:

Audio CD

snsdItu udah jelas. Gimana lagi caranya kita dapat dengerin lagunya kalau nggak dari CD-nya? Kekekeke.

Photobook

bts photobookPhotobook biasanya memiliki cukup banyak halaman yang berisikan foto-foto eksklusif para idolnya. Nggak cuma itu, dalam photobook biasanya juga terdapat lirik dari lagu-lagu dalam album tersebut dan ucapan-ucapan para idol untuk orang-orang yang telah mendukung dan terlibat dengan usaha mereka.

Sampul dan wadah yang unik dan menarik serta ada dalam beberapa versi

exo albumSatu judul album Kpop biasanya memiliki beberapa versi berbeda, yang membedakan sih biasanya cuma warna atau foto sampulnya aja. Tapi semuanya tetap menarik dan keren kok, bikin pengen ngoleksi semuanya! Kekekekeke.

Photocard

photocardPhotocard yang terdapat dalam album Kpop biasanya ada 1 atau lebih dan semuanya kita dapat secara random alias nggak bisa milih. Kalau beruntung mungkin kamu akan mendapat foto dari biasmu, atau kalau nggak kamu bisa tuker-tukeran dengan fans lain yang mungkin memilikinya.

Poster

posterPoster yang didapat dari album Kpop pastinya beda ya dengan poster-poster yang dijual di pinggir jalan. Kekekeke. Kalau yang ini pastinya lebih eksklusif dan….lebih mahal.

Lain-lain

album fxDalam album Kpop biasanya terdapat juga pernak-pernik lucu lainnya seperti stiker, pin, kartu pos, surat, gantungan kunci, kalender, atau yang lainnya. Variatif banget!

Nah, hal-hal itu lah yang biasanya kita dapat kalau membeli album Kpop dan membuatnya beda dengan album-album dari musisi lainnya. Kalau Mimin boleh kepo, kamu udah koleksi berapa album Kpop nih chingu?

Baca juga: Penjualan Album-album Kpop Paling Laris Selama 15 Tahun Terakhir

BAGIKAN
Nadia Aprilia
Nadia atau lebih akrab disapa Nanod ini cuma bisa mimpi buat debut jadi idol di Korea dengan nama panggung 송나나. Suka nyampah di @nanod_ soal hal-hal gak penting dan berbau k-pop.