OUR NETWORK
Sabtu, Oktober 19, 2019
OUR NETWORK

8 Idol dan Group KPOP yang Sukses Mengubah Agensi Kecil Menjadi Skala Global (Part 1)

Tak semua cerita sukses di industri hiburan KPOP bermula dari exposure agensi. Sebaliknya, terdapat sederet idol dan group KPOP yang berhasil mengubah agensi kecil mereka menjadi skala dunia. Beberapa dari mereka bahkan menjadi pioneer untuk kesuksesan group-group berikutnya di perusahaan yang sama.

Di bawah ini, merupakan daftar 8 idol dan group KPOP yang berhasil mengubah agensi kecil menjadi berskala global. Penasaran siapa saja?

1. BoA — S.M. Entertainment

SM Entertainment saat ini memang dikenal sebagai salah satu agensi papan atas di Korea Selatan. Agensi ini sudah melahirkan sederet idol dan group KPOP yang dikenal mendunia. Sebut saja seperti TVXQ, SHINee, Girls’ Generation, EXO, Red Velvet, dan NCT. Namun awal mulanya, agensi ini terbilang kecil.

BoA menjadi artis pertama dari SM Entertainment yang meraih sukses besar. Debut di tahun 2000, BoA melebarkan sayap ke Jepang di tahun 2001. Tak perlu waktu lama untuk penyanyi ini dikenal secara mendunia dan mendapatkan julukan “Asia’s Star.”

Penyanyi legendaris ini bukan hanya mengubah SM Entertainment menjadi agensi besar. Melainkan juga membuka jalan untuk group-group lain memasuki pasar internasional. Terutama di Jepang dan negara Asia lain.

2. BIGBANG — YG Entertainment

Kesuksesan YG Entertainment memang melalui proses panjang. Agensi ini sebenarnya memiliki sederet artis yang terbilang terkenal. Salah satunya seperti Se7en. Namun dipercaya bahwa BIGBANG lah yang berhasil membawa YG Entertainment dari agensi dengan skala kecil, menjadi dikenal luas mendunia.

Debut di tahun 2006, BIGBANG mengguncang industri musik Korea Selatan. Tak hanya dengan musik hip hop yang langsung menjadi tren, gaya berpakaian dan member dari BIGBANG pun membangun fanbase yang tak main-main. Sampai akhirnya agensi YG Entertainment pun menjadi salah satu yang disegani dan berada di peringkat atas di Korea Selatan.

Comments

Loading...