Senin, Februari 6, 2023

Latest Posts

8 Idol dan Group KPOP yang Sukses Mengubah Agensi Kecil Menjadi Skala Global (Part 1)

Tak semua cerita sukses di industri hiburan KPOP bermula dari exposure agensi. Sebaliknya, terdapat sederet idol dan group KPOP yang berhasil mengubah agensi kecil mereka menjadi skala dunia. Beberapa dari mereka bahkan menjadi pioneer untuk kesuksesan group-group berikutnya di perusahaan yang sama.

Di bawah ini, merupakan daftar 8 idol dan group KPOP yang berhasil mengubah agensi kecil menjadi berskala global. Penasaran siapa saja?

1. BoA — S.M. Entertainment

SM Entertainment saat ini memang dikenal sebagai salah satu agensi papan atas di Korea Selatan. Agensi ini sudah melahirkan sederet idol dan group KPOP yang dikenal mendunia. Sebut saja seperti TVXQ, SHINee, Girls’ Generation, EXO, Red Velvet, dan NCT. Namun awal mulanya, agensi ini terbilang kecil.

BoA menjadi artis pertama dari SM Entertainment yang meraih sukses besar. Debut di tahun 2000, BoA melebarkan sayap ke Jepang di tahun 2001. Tak perlu waktu lama untuk penyanyi ini dikenal secara mendunia dan mendapatkan julukan “Asia’s Star.”

Penyanyi legendaris ini bukan hanya mengubah SM Entertainment menjadi agensi besar. Melainkan juga membuka jalan untuk group-group lain memasuki pasar internasional. Terutama di Jepang dan negara Asia lain.

2. BIGBANG — YG Entertainment

Kesuksesan YG Entertainment memang melalui proses panjang. Agensi ini sebenarnya memiliki sederet artis yang terbilang terkenal. Salah satunya seperti Se7en. Namun dipercaya bahwa BIGBANG lah yang berhasil membawa YG Entertainment dari agensi dengan skala kecil, menjadi dikenal luas mendunia.

Debut di tahun 2006, BIGBANG mengguncang industri musik Korea Selatan. Tak hanya dengan musik hip hop yang langsung menjadi tren, gaya berpakaian dan member dari BIGBANG pun membangun fanbase yang tak main-main. Sampai akhirnya agensi YG Entertainment pun menjadi salah satu yang disegani dan berada di peringkat atas di Korea Selatan.

13 tahun kemudian sampai saat ini pun, BIGBANG masih dipercaya menjadi group yang sukses “membangun” YG Entertainment.

3. BTS — Big Hit Entertainment

Tak ada keraguan bahwa BTS yang berhasil mengangkat Big Hit Entertainment dari statusnya sebagai agensi kecil, menjadi seperti saat ini. Saat ini bahkan agensi ini sudah mulai mengakuisisi beberapa perusahaan serta agensi lain. Serta berkolaborasi dengan perusahaan besar seperti CJ Entertainment untuk mendebutkan idol dan group KPOP.

BTS merupakan contoh nyata kesuksesan group KPOP dari sebuah agensi kecil. From zero to hero. Terlebih kesuksesan dari boy group dengan 7 orang member ini pun tak serta merta diraih.

Saat debut pada 2013 lalu, tentunya belum banyak yang melirik boy group satu ini. Berjalannya waktu, BTS membuktikan kemampuan serta talenta mereka dengan merilis lagu-lagu apik yang langsung digemari penggemar. Sampai akhirnya di tahun 2019 ini, BTS menjadi salah satu boy group paling populer dan digemari.

Big Hit Entertainment pun, diperdebatkan sebagai salah satu dari Top 3 agensi hiburan!

4. IU — LOEN Entertainment

Cerita dan perjalanan karir IU tak jauh berbeda dengan BTS. Soloist papan atas ini pun datang dari agensi kecil, LOEN Entertainment. Debut pada 2007 silam, IU baru meraih puncak popularitas di tahun 2010 melalui mega hits “Good Day”.

Sejak saat itu, secara terus menerus sang soloist mencetak prestasi dan kesuksesan. Sederet hits dan album sukses, penghargaan, tawaran bermain drama serta film, sampai iklan. LOEN Entertainment yang semula agensi kecil pun menjadi semakin dikenal berkat IU. Menjadikan agensi ini pun salah satu terbesar di Korea Selatan.

Latest Posts

Don't Miss