OUR NETWORK
Rabu, Desember 11, 2019
OUR NETWORK

Kehidupan Kontras Antara Kelas Atas dan Bawah di Film Parasite

foto via hancinema.net

Kelas social menentukan gaya hidup seseorang. Jika terlahir dari keluarga sederhana, tujuan hidup yang dijadikan patokan adalah bisa bertahan dengan sisa uang yang dimiliki. Tentu bakal beda cerita jika lahir sebagai orang kaya. Perbedaan mencolok ini terlihat jelas di film Parasite.

Pada Mei 2019, film Parasite ini diputar di Cannes Film Festival dan dirilis di bioskop setelahnya. Membawa pulang piala Palme D’or di ajang bergengsi ini, film yang hadir dalam durasi 2 jam 10 menit ini memang memiliki kualitas apik dari segala aspek. Karya sutradara Bong Joon Ho memang nggak mengecewakan.

Song Kang Ho Ki Tae, ayah

foto via hancinema.net

Jang Hye Jin Choong Sook, ibu

foto via hancinema.net

Choi Woo Shik sebagai Ki Woo

foto via hancinema.net

Park So Dam sebagai Ki Jung

foto via hancinema.net

Di sebuah kawasan tempat tinggal kumuh, ada sekeluarga yang hidup dalam kemiskinan. Ada Ki Woo, Ki Jung dan kedua orangtuanya. Semuanya pengangguran. Suatu ketika, Ki Woo diminta sahabatnya untuk menggantikannya jadi tutor di sebuah keluarga kaya. Nggak menyia-nyiakan kesempatan, Ki Woo menerima tawaran ini.

foto via hancinema.net

Dia harus berbohong dengan memalsukan ijazah dan mengubah identitas menjadi Kevin. Di rumah milik keluarga Park, awalnya Ki Woo memang mengajar les Bahasa Inggris. Lama-kelamaan, dia mengembangkan rencana untuk membuat anggota keluarganya bekerja di rumah keluarga Park.

foto via hancinema.net

Ki Jung menjadi Jessica yang mengajar seni untuk sang anak bungsu. Sang ayah menjadi sopir bagi Pak Park. Sedangkan ibunya menggantikan posisi sebagai pembantu baru di rumah ini. Mereka berpura-pura tidak kenal dan mencari uang dari cara ini.

foto via hancinema.net

Petaka bermula saat pembantu sebelumnya minta izin masuk ke ruang bawah tanah. Saat itu, keluarganya Ki Woo sedang berkumpul di rumah Pak Park yang kosong. Saat ditelusuri, di rumah besar ini ada ruang bawah tanah luas yang ditinggali oleh suami pembantu sebelumnya.

foto via hancinema.net

Saling mengancam, kedua keluarga ini mencoba mempertahankan kepentingan masing-masing. Pertumpahan darah pun tak terelakkan. Suami pembantu lama ini naik ke atas rumah dan membunuh semua saat garden party dihelat.

Kelanjutan nasib keluarga Ki Woo dipertaruhkan. Bahkan keselamatan nyawa dari keluarga Park juga jadi taruhannya. Siapa yang akan bertahan dalam kondisi ini?

Comments

Loading...