OUR NETWORK
Minggu, Agustus 19, 2018
OUR NETWORK

8 Lagu Kpop Ini Didedikasikan Untuk Mengenang Tragedi Kapal Feri Sewol

Pada 16 April 2014 lalu, sebuah tragedi tenggelamnya kapal Feri menggemparkan Korea Selatan dan dunia. Ratusan penumpang yang sebagian besar merupakan siswa SMP menjadi korban dalam Feri Sewol yang tengah menuju pulau Jeju dari Incheon tersebut. Untuk menghormati para korban, beberapa musisi Korea membuat lagu yang didedikasikan untuk tragedi kapal feri Sewol tersebut. Ini dia beberapa di antaranya.

You Whom I Love – Shin Young Jae (4MEN) & Lee Da Woon

Lagu ini dibuat oleh salah satu korban, Lee Da Woon, yang ditemukan di dalam ponselnya, dan kemudian dikirim ke idolanya, Shin Yong Jae, oleh keluarganya. Shin Yong Jae pun lalu menyelesaikan dan merilis lagu ini untuknya.

Red Light – F(X)

Lirik seperti “ketika semuanya tenggelam”, “peringatan”, “pintu darurat”, “tabrakan” dan banyak lagi digunakan untuk mengkritik insiden tersebut.

Stardust – Kim Dongwan (SHINHWA)

“Stardust” ditulis oleh Lee Won Hee, seorang komposer dan ayah dari dua anak perempuan usia sekolah pada saat tragedi itu. Dia menulis lagu ini sambil memikirkan emosi orang tua korban.

Yellow Ocean – Cheetah & Jung Sung Hwan

Lagu ini dirilis pada Tribe of Hip Hop 2 dan mendorong pendengar untuk tidak pernah melupakan Tragedi Feri Sewol. Tidak hanya lirik untuk memperingati korban tetapi mereka juga sangat mengkritik insiden tersebut.

Still There, Still Here – Lucid Fall

Lucid Fall menulis lagu ini untuk para siswa yang selamat dalam insiden tersebut. Liriknya dinyanyikan oleh “kupu-kupu kuning” yang ingin agar teman-teman mereka terus melanjutkan hidup.

Stay Still – Lee Seung Hwan

Lagu ini ditulis dengan maksud untuk tidak hanya menghormati para korban tetapi juga untuk memberitahu mereka bahwa apapun yang terjadi kami tidak akan pernah lupa.

River – Kim Yoon Ah

Kim Yoon Ah ingat bahwa ketika tragedi itu terjadi ia tidak dapat melakukan apa-apa. Satu-satunya hal yang bisa dia lakukan adalah bernyanyi, dan begitulah lagu peringatan ini lahir.

Always Remember – Tany

Mendiang Tany memiliki usia yang sama dengan banyak korban Tragedi Feri Sewol kala itu. Lirik lagu ini berbicara tentang kerinduan yang tidak pernah dilupakan, tidak peduli berapa banyak waktu berlalu.

Dari lagu-lagu yang didedikasikan untuk tragedi kapal feri Sewol di atas, mana yang liriknya paling menyentuh menurut kamu?

Baca juga: 8 Lagu Kpop Ini Tunjukkan Sisi Rapuh Sang Idol

Comments

Loading...